-->

Rabu, 15 Juni 2016

Profil Tito Karnavian, Sang Kapolri Baru

Profil Tito Karnavian - Nama Tito Karnavian mungkin terdengar asing di telinga kita semua. Walaupun begitu Kapolri Baru ini memiliki sederetan prestasi yang luar biasa yang membuat karirnya cepat melesat di kepolisian. Tito Karnavian yang memiliki pangkat lengkap Komjen. Pol. Drs. H.M. Tito Karnavian, M.A, Ph.D ini lahir di Palembang pada tanggal 26 Oktober 1964 (51 tahun).

Pendidikan SMA ditempuh di SMA Negeri 2 Palembang. Setelah lulus, ia melanjutkan masuk pendidikan AKABRI tahun 1987. Ia pun juga menyelesaikan pendidikan di Universitas Exeter di Inggris pada tahun 1993 dan meraih gelar MA dalam bidang Police Studies. Pada tahun 1996 ia berhasil menyelesaikan pendidikan di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) di Jakarta dan meraih Strata 1 dalam bidang Police Studies.

Tito Karnavian
Tito Karnavian
Dia ikut tergabung dalam TIM yang berhasil membongkar jaringan teroris pimpinan Noording Moch Top. Ia pun menjadi angkatan AKABRI 1987 pertama yang telah mampu menembus pangkat jenderal bintang tiga. Tentunya sebuah prestasi yang luar biasa bagi seorang polisi.

Selain itu, Tito Karnavian juga menjadi polisi yang mendapat kenaikan pangkat luar biasa saat tergabung dalam tim Bareskrim yang mampu melumpuhkan teroris Dr. Azahari pada November 2005.

Karir Tito Karnavian
Jika berbicara karir di kepolisian, tampaknya kita patut mengacungi jempol terhadap Kapolri kita yang baru. Begitu banyak prestasi yang dia raih sehingga karirnya cepat melesat di kepolisian republik Indonesia. Dia turut berjasa saat penangkapan Tommy Soeharto atas kasus pembunuhan hakim agung Syafiudin pada tahun 2001. Kemudian pada tahun 2004, Tito yang saat ini menjabat sebagai Ajun Komisaris Besar (AKBP) memimpin tim yang terdiri dari 75 personel Densus 88 Antiteror Polda Metro Jaya.

Pada tahun 2005, ia tergabung dalam tim Densus 88 Antiteror yang berhasil melumpuhkan teroris Azahari Husin dan kelompoknya di Batu, Malang. Selain itu, pada Januari 2007 dia juga ikut tergabung dalam tim Densus 88 Antiteror dan berhasil menangkap puluhan tersangka yang masuk dalam DPO di kecamatan Poso Kota. Tak cukup sampai disitu, Tito juga termasuk perwira yang tergabugn dalam tim penumpasan jaringan terorisme pimpinan Noordin M Top tahun 2009 lalu.

Tanda Pangkat
  • Inspektur Polisi Dua (1987)
  • Inspektur Polisi Satu (1990)
  • Ajun Komisaris Polisi (1993)
  • Komisaris Polisi (1997)
  • Ajun Komisaris Besar Polisi (2001)
  • Komisaris Besar Polisi (2005)
  • Brigadir Jenderal Polisi (2010)
  • Inspektur Jenderal Polisi (2012)
  • Komisaris Jenderal Polisi (2016)
Itulah sekilas profil Tito Karnavian yang merupakan Kapolri yang baru. Semoga saja merupakan pemimpin yang amanah dan mampu menciptakan perdamaian di seluruh wilayah negara republik Indonesia yang sangat kita cintai ini. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.