-->

Jumat, 12 Mei 2017

5 Usaha Sampingan Untuk PNS dan Karyawan, Mudah dan Murah

Peluang Usaha Karyawan yang Mudah dan Menguntungkan - Menjadi seorang karyawan di perusahaan besar menjadi sebuah cita-cita bagi sebagian orang, terutama bagi mereka yang baru lulus dari bangku kuliah. Banyak yang berasumsi bahwa orang yang bekerja di perusahaan besar maka hidupnya akan terjamin. Apalagi bagi mereka yang bekerja sebagai PNS, makan akan semakin terjamin hidup mereka dengan berbagai asuransi dan juga jaminan hidup yang diberikan. Akan tetapi, sebagian orang ada yang merasa kurang puas dengan apa yang telah mereka dapatkan. Mereka pun kemudian mencari peluang usaha yang menguntungkan dan tidak menyita banyak waktu, dan tentunya dengan modal yang tidak begitu besar.

Memiliki jabatan dan pangkat pada sebuah perusahaan besar mungkin sudah menyenangkan bagi sebagian orang. Gaji pokok besar, bonus, jaminan serta tunjangan jabatan tentunya membuat sebagian besar orang betah berada di zona tersebut. Bagi para PNS, tentunya jaminan kesehatan, jaminan hari tua dan juga tunjangan menjadi hal yang membuat orang merasa nyaman.

Tetapi, satu yang perlu diingat, khususnya bagi seorang karyawan, bahwa gaji besar, bonus, tunjangan serta jaminan-jaminan yang diperoleh tentunya dapat hilang dalam seketika. Hal tersebut dapat terjadi manakala kita dipecat, kerja tidak sesuai dengan target perusahaan, atau pun perusahaan tempat kita kerja gulung tikar. Hal-hal tersebut tentunya juga dapat dijadikan pemikiran atau pelajaran bagi kita untuk tidak selalu mengandalkan gaji atau jaminan di tempat kita bekerja. Apalagi jika gaji kita tidak sesuai dengan harapan kita, pengeluaran lebih besar dari pada pendapatan, parahkan?

Oleh karena itu, kita harus pandai dan cermat melihat peluang usaha sampingan yang ada. Tentunya jika kita masih sebagai karyawan atau PNS, kita melirik peluang kerja yang tidak begitu menyita waktu tetapi mendatangkan untung yang besar. Ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan tatkala ingin membuka usaha sampingan di rumah, antara lain modal, sumber daya, tempat usaha, jenis produk dan juga pemasaran.

Nah, tentunya kita tidak berpikir sendirian untuk mengelola usaha sampingan tersebut. Kita membutuhkan seseorang atau pendamping atau bahasa kerennya yaitu co-founder yang akan benar-benar fokus untuk menekuni bisnis yang akan kita rintis. Cara paling mudah yaitu dengan mengajak salah satu anggota keluarga, atau kerabat untuk membantu pengelolaannya. Hal terpenting yang harus dilakukan oleh mereka yang baru belajar menekuni bisnis sampingan yaitu fokus terhadap salah satu bisnis usaha.

Contoh Usaha Sampingan untuk Karyawan
  1. Jualan Pulsa / Token Listrik
  2. Jualan Makanan / Kuliner
  3. Membuka Jasa Cuci Motor/Karpet
  4. Bisnis Online / Internet Marketing
  5. Membuka Laundry / Jasa Cuci Baju

Itulah beberapa peluang usaha sampingan yang dapat dilakukan oleh mereka yang bekerja sebagai karyawan atau pun PNS. Tentunya masih banyak usaha sampingan lainnya yang dapat ditekuni, tetapi jika melihat dari modal dan keuntungan yang dihasilkan, 5 peluang usaha sampingan di atas sangat patut dipertimbangkan. Sekian dan sampai jumpa.