-->

Senin, 06 Juni 2016

Tips Menu Sahur dan Berbuka Untuk Ibu Hamil

Menu Sahur dan Berbuka Ibu Hamil - Kewajiban menjalankan perintah untuk berpuasa ramadhan membuat semua muslim wajib untuk menjalankannya. Tak terkecuali bagi ibu hamil yang juga diwajibkan untuk menjalankan puasa ramadhan. Tentunya untuk mereka yang tengah hamil, harus berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu dan selalu memperhatikan menu sahur dan berbuka puasa agar kondisi fisik dan kehamilan selalu sehat dan terjaga. Bagi ibu hamil dan menyusui, sahur wajib untuk dilakukan karena sahur merupakan sarapan yang berfungsi untuk menghasilkan energi yang akan digunakan oleh tubuh selama sehari penuh, baik bagi diri sendiri atau pun bagi bayi yang ada dalam kandungan.

Tips Menu Sahur Untuk Ibu Hamil
Untuk menu sahur ibu hamil, tentunya komposisi gizi yang dimiliki harus lebih dibandingkan untuk mereka yang tidak sedang mengandung/hamil. Komposisi yang dianjurkan yaitu 50% karbohidrat, 30% protein dan 10-20% lemak. Makanan yang mengandung karbohidrat misalnya nasi, gandum, makanan yang mengandung protein tinggi misalnya daging, ayam, tahu/tempe.

Menu Sahur Ibu Hamil
Tips Menu Sahur Ibu Hamil
Tips menu sahur yang tak kalah penting untuk ibu hamil yaitu usahakan memperbanyak sayuran dan buah. Tentunya hal ini dimaksudkan agar BAB lancar sehingga tidak terjadi konstipasi. Menu sahur yang kurang serat membuat saluran pembuangan biasanya tidak lancar. BAB yang tidak lancar sangat berpotensi menyebabkan gangguan, seperti wasir pada ibu hamil.

Minum susu juga sangat dianjurkan untuk menambah kekuatan. Pemilihan jenis susu juga harus diperhatikan, terutama bagi ibu hamil yang tergolong memiliki kadar gula darah yang tinggi, sebaiknya gunakan susu yang disarankan oleh dokter agar tidak terjadi diabetes gestasional. Bagi ibu hamil, juga tidak dianjurkan untuk makan makanan yang terlalu pedas saat makan sahur.

Tips makan sahur ibu hamil selanjutnya yaitu perbanyaklah minum air putih saat sahur dan juga minumlah obat jika memang ada obat yang diberikan oleh dokter saat konsultasi. Bagi ibu hamil/menyusui, usahakan bangun lebih awal agar makan sahur tidak terburu-buru.

Tips Buka Puasa Untuk Ibu Hamil
Pada saat bulan ramadhan, berbagai makanan pun disiapkan menjelang berbuka puasa. Hal itu wajar mengingat seharian penuh kita telah menahan lapar dan dahaga, sehingga perut terasa melilit dan lapar. Apalagi bagi ibu hami/menyusui, pastilah mereka lebih lapar/haus karena asupan yang dimakan saat sahur bukan hanya untuk kebutuhan sendiri, tetapi harus dengan bayi yang ada di kandungan atau pun bayi yang disusui. Berikut ini kami berikan tips menu sehat berbuka puasa untuk ibu hamil.

Dahulukan makan makanan yang hangat dan manis saat berbuka puasa. Jangan langsung meminum es karena bisa menyebabkan kembung akibat produksi asam lambung yang meningkat. Tapi bila wanita hamil/menyusui harus membatasi makanan/minuman manis, sebaiknya pilih pemanis yang aman.

Jangan langsung makanan berat. Makanan berat yang dimaksud yaitu makan nasi yang berlebihan. Tunggulah dahulu setelah menjalankan shalat maghrib baru kemudian makan nasi. Hal ini bertujuan untuk menjaga sistem pencernaan agar tidak langsung bekerja berat karena seharian tidak bekerja.

Tips buka puasa untuk ibu hamil selanjutnya yaitu mengkonsumsi makanan tinggi serat seperti sayur dan buah. Makanan tinggi serat akan dicerna dalam waktu lama, sehingga lambung bisa bersiap secara bertahap. Jangan berbuka sampai kekenyangan, sebab hanya akan mengundang kantuk.

Bagi ibu hamil/menyusui, pola makan 3 kali sehari tetap dapat dilakukan dengan makan makanan yang ringan seperti roti, puding atau makanan kecil setelah menjalankan shalat tarawih. Satu hal yang tak kalah penting, yaitu perbanyak minum air putih di malam hari agar saluran pencernaan bekerja dengan lancar.

Itulah beberapa tips menu makan sahur dan berbuka puasa yang sehat untuk ibu hamil atau menyusui. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan.